Cara Berjualan Online

Cara Berjualan Online

Posted on

Berjualan online saat ini sangat digandrungi oleh semua kalangan, kenapa? Karena saat ini teknologi berperan penting dalam dunia perdagangan dan pemasaran, untuk meningkatkan omset. Dengan cara berjualan online ini dirasa sangat efektif untuk meningkatkan omset penjualan.

Saat ini banyak orang sudah banyak mendapat keuntungan dari jualan secara online ini, dari mulai kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai, atau memang dari latar belakang pengusaha yang sudah mempunyai produk sendiri untuk dipasarkan.

Berjualan online bisa untuk pendapatan utama atau juga bisa untuk mendapatkan uang tambahan. Sekarang berjualan online juga bisa dengan mudah dan tanpa modal dengan menjualkan produk milik orang lain, cara ini disebut dropship.

Dukungan kurir dan banyaknya marketplace yang beredar di Indonesia tentunya memudahkan para pelaku online shop ini. Nah, kali ini Juang.my.id akan membahas cara berjualan online, simak baik-baik yaa.

Tanpa Modal Sistem Dropship

Tanpa Modal Sistem Dropship

Sudah sedikit kita singgung di atas, tentang dropship. Dropship mempunyai arti sederhana menjualkan produk orang lain atau barang orang lain, tanpa modal besar dan tanpa stok barang. Kita hanya harus membayarkan barang yang kita jual ke orang lain dan ambil keuntungan.

Bisa kita contohkan seperti ini, kita mencari supplier terlebih dahulu, bisa itu dari kerabat dekat kalian, teman, keluarga yang mempunyai usaha atau toko, dan bisa juga kalian mencari supplier di marketplace dan kalian menawarkan kerja sama untuk dropship.

Misalkan kita sudah dapat supplier jaket. Nah, kita tinggal menjualkan jaket tersebut ke dalam marketplace, mencari keuntungan dari penjualan jaket tersebut, jika laku kita tinggal mentransfer dan supplier mengirim barang tersebut ke pembeli kalian dengan atas nama kalian.

Dropship dinilai efektif untuk para pelaku online shop yang mempunyai keterbatasan modal. Selain itu dropship juga bisa juga menjadi bisnis sampingan untuk kalian para pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai swasta dan lain sebagainya, dengan waktu yang bisa kalian atur sendiri.

Sistem Reseller

Sistem Reseller

Selain dropshiper tentu kalian sudah pernah mendengar istilah reseller. Seperti artinya, reseller bisa dikatakan menjual kembali barang yang sudah kita dapatkan dari supplier, lalu apa perbedaan reseller dan dropshiper?

Jika dropshiper tidak memerlukan modal karena menjualkan produk supplier dan membayarkan jika barang tersebut laku, namun reseller adalah orang yang membeli produk dari seorang supplier dengan harga yang lebih murah untuk dijual kembali, atau istilahnya grosir.

Kelebihan reseller adalah dia mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari dropship untuk penjualan produk yang sama karena mendapatkan harga barang yang lebih murah untuk dijual kembali, namun tentunya memerlukan modal untuk bisa mendapatkan stok barang.

Untuk menjadi reseller, kalian harus pandai mencari supplier dan lebih baik untuk mengetahui pasar dan target terlebih dahulu, sebab jika kalian asal-asalan presentase kalian rugi cukup besar karena sudah mengeluarkan modal untuk membeli barang dari supplier atau distributor.

Cara Jualan Online

Cara Jualan Online

Tentunya saat ini kalian sudah banyak mengetahui marketplace yang sudah beredar di Indonesia. Marketplace dalam istilahnya tempat untuk para pelaku online shop menjualkan barang kepada konsumen secara langsung dengan bermodalkan akses internet dan aplikasi marketplace.

Di Indonesia sendiri sudah banyak wadah untuk menjualkan barang kalian secara online, seperti contoh di di Lazada, Shopee, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Dengan adanya marketplace, membuat barang yang kalian mudah diketahui pembeli dan cepat laku.

Sudah banyak beredar cerita sukses orang yang berjualan secara online, tentunya bagi pemula ini sangat menggiurkan, namun belum mengetahui cara berjualan online. Berikut akan kita bahas cara berjualan online dan tips agar produk kalian .

Instagram

Instagram

Instagram pada awalnya adalah sebuah media sosial yang digunakan untuk mengunggah foto atau video aktivitas kalian. Namun, seiring berjalannya waktu, Instagram juga merupakan alat memasarkan produk yang efektif.

Tentunya ini didukung dari milyaran orang yang menggunakan Instagram, sehingga produk yang kalian jual mudah dijangkau dan diketahui oleh banyak orang.

Nah, ini dia beberapa cara dan tips berjualan di Instagram:

  • Jika kalian belum mempunyai akun Instagram yang khusus untuk menjual produk kalian, maka langkah pertama kalian harus membuat akun terlebih dahulu.
  • Jika kalian sudah membuat akun Instagram dan dapat masuk ke Instagram silahkan kalian rubah terlebih dahulu akun Instagram kalian menjadi Instagram bisnis. Caranya kalian pergi ke pengaturan Instagram > Akun > Beralih ke Akun Profesional.
  • Jika sudah kalian akan mendapatkan 2 pilihan, kreator dan bisnis. Kalian pilih bisnis, kemudian ikuti langkah yang diminta oleh Instagram.
  • Selanjutnya kalian tinggal perlu mengedit profil Instagram, buat foto profil yang semenarik mungkin, dan isi bio kalian yang menginformasikan tentang produk kalian, isi semua yang sekiranya perlu kalian tampilkan pada profil instagram.
  • Mulailah mengupload produk yang kalian jual, usahakan buat tampilan feed Instagram dengan semenarik mungkin sehingga memberi kesan positif kepada calon pembeli.
  • Jika sudah kalian bisa mulai memasarkan produk kalian, agar dapat diketahui banyak orang.

Tips Berjualan di Instagram:

  • Promosikan akun online shop Instagram, menggunakan akun utama Instagram kalian atau media sosial lainnya. Kalian juga bisa meminta bantuan teman kalian yang mempunyai followers yang banyak.
  • Jika dirasa kurang meningkatkan omset penjualan, kalian juga bisa membuat layanan iklan promosi yang sudah disediakan oleh Instagram.
  • Upload secara konsisten dan jangan mengunggah produk terlalu banyak dalam sehari, karena malah dianggap mengganggu followers dan dapat diartikan sebagai spam.
  • Buatlah konten yang menarik didalam postingan Instagram maupun Story.
  • Bersikap ramah kepada calon pembeli, dan usahakan untuk selalu fast respon.
  • Seringlah berinteraksi dengan followers kalian, misal mengadakan quiz atau give away.
  • Gunakan hashtag atau tagar yang relevan dengan produk kalian.

Facebook

Facebook

Tentunya kalian sudah tidak asing dan akrab dengan aplikasi yang satu ini. Facebook merupakan sebuah platform media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Facebook sendiri juga bisa kalian manfaatkan sebagai tempat untuk berjualan online loh.

Pada awalnya facebook adalah media sosial yang hanya digunakan untuk komunikasi dan saling berbagi satu dengan yang lain di seluruh dunia. Salah satu fitur facebook yang sering digunakan adalah Grup Facebook, dan dengan grup ini banyak orang memanfaatkan untuk berjualan online.

Oke, kita akan membahas tentang bisnis di Facebook dan bagaimana cara berjualan online dengan menggunakan facebook.

1. Fitur Marketplace Facebook.

Hampir mirip dengan Shopee, Lazada dan marketplace lain, Marketplace dari Facebook disajikan secara sederhana. Nama penjual, gambar barang, lokasi, deskripsi, hingga harga termuat dengan jelas.

Jika kalian cepat dalam membalas pesan si pembeli, Facebook bakal memberi kamu lencana “Sangat Responsif” di profil marketplace.

2. Memanfaatkan Grup Facebook

Fitur grup di Facebook emang sudah lama ada. Akan tetapi, dari sekian banyak grup yang bermunculan, cukup banyak juga yang mengkhususkan sebagai tempat jual beli secara online yang menemukan para penjual dengan pembeli.

Adanya grup tersebut tentu bisa dimanfaatkan sebagai tempat berjualan di Facebook. Terlebih, grup tersebut memang dikhususkan untuk berjualan semata, dan rasanya tidak sulit bagi kalian untuk menemukan pembeli.

Kalian bisa bergabung ke grup jualan di Facebook sebanyak-banyaknya. Kemudian postinglah barang yang ingin kalian jual. Dengan begitu, besar peluang agar barang yang dijual cepat laku.

3. Membuat Halaman

Yang ketiga kalian bisa menggunakan fitur Facebook Page. Pembuatan Halaman Facebook memungkinkan pengguna Facebook menemukan bisnis kalian, anggaplah Halaman Anda sebagai etalase digital.

Penyiapan Halaman bisnis itu sederhana dan gratis, dan tampak mengagumkan baik di desktop maupun seluler.

Tips Berjualan di Facebook:

  • Rutinlah mempromosikan produk kalian kedalam marketplace atau grup facebook.
  • Promosikan dengan media sosial lain akun facebook dan halaman kalian agar dapat dijangkau lebih banyak orang.
  • Kalian bisa menggunakan fitur Facebook Ads untuk mempromosikan halaman kalian
  • Berkomunikasi dengan para pembeli dengan ramah dan santun
  • Usahakan untuk menambah foto asli dan tentunya menarik minat para calon pembeli.

Shopee

Shopee

Shopee memang akun online shop yang besar dan banyak seller yang memanfaatkan Shopee. Shopee juga memberikan kemudahan untuk para penjual menawarkan dagangannya dan pembeli menemukan kebutuhannya, dengan cara pemakaian aplikasi yang mudah.

Untuk lebih memahami cara berjualan di shopee sebaiknya kalian perhatikan hal hal berikut terlebih dahulu :

  • Jika kalian menggunakan smartphone, download aplikasi shopee dan buat akun kalian jika belum memiliki, atau bisa mengakses lewat komputer di https://shopee.co.id/
  • Kemudian kalian bisa mulai upload gambar barang atau produk yang ingin kalian jual.
  • Selanjutnya, alangkah lebih baik jika kalian mendaftarkan akun atau toko kalian kedalam program gratis ongkir shopee.
  • Setting toko shopee semenarik mungkin, karena pembeli ketika berkunjung ke toko kalian mudah secara tidak langsung menanamkan kenyamanan tersendiri untuk para pembeli.
  • Tambahkan keterangan rekening kalian untuk memastikan transfer pembayaran dari shopee ke rekening pribadi kalian, hal ini tidak boleh dilewatkan bagi calon seller yang ingin memulai berjualan di shopee.

Tips Berjualan di Shopee:

  • Edit foto di dalam etalase Shopee dan isikan deskripsi yang jelas, usahakan berikan penjelasan kelebihan tentang toko kalian supaya pembeli semakin minat membeli di toko kalian.
  • Lakukan riset harga dengan kompetitor yang menjual barang serupa dengan kalian, namun jangan bersaing harga dibawah standart yang menyebabkan kerugian untuk kalian.
  • Edit auto replay chat, ini berguna untuk menampilkan balasan chat otomatis kepada pembeli. Tulis pesan otomatis supaya pembeli mudah berinteraksi dan berminat membeli barang yang kalian jual.
  • Gunakan hashtag yang relevan setiap kali kalian mengupload barang.
  • Melakukan iklan di Shopee, untuk hal ini kalian perlu riset terlebih dahulu kapan waktunya mengiklankan, keyword apa yang sesuai untuk produk kalian, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan iklan kalian dan tidak terkesan membuang uang.
  • Promosikan dengan akun media sosial lainnya, jika kalian menggunakan Instagram kalian bisa juga menghubungkan Shopee dengan Instagram agar pembeli yang mengetahui produk kalian di Instagram bisa langsung bertransaksi menggunakan Shopee.

Lazada

Lazada

Menjadi salah satu platform jual beli Online di Indonesia saat ini, Lazada memberiokan kemudahan penjual dan calon pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. Tingginya konsumen yang beralih ke situs belanja online, para penjual memiliki banyak keuntungan yang didapat.

Dengan Lazada, kalian bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti menghemat pengeluaran dari biaya pembuatan website atau sewa tempat hingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Tips berjualan dengan Lazada:

  • Yang pertama harus kalian lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu di situs resmi Lazada. Lalu klik menu di bagian bawah halaman utama Jual di Lazada dengan mengajukan menjadi seller Lazada.
  • Pilih jenis jualan (perseorangan/perusahaan) beserta nomor Hp yang aktif untuk memverifikasi akun.
  • Pastikan sudah mengisi kolom pendaftaran yang berisi tipe toko, lokasi toko, nomor telepon, nama toko, email, kata sandi, dan validasi. Setelah itu lakukan aktivasi akun.
  • Selanjutnya, unggah kartu identitas diri (KTP) dan halaman depan buku rekening tabungan yang aktif untuk transaksi jual-beli terhadap calon pembeli.
  • Setelah proses pendaftaran, calon penjual akan diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Lazada.
  • Hal ini menjadi tahapan penting dengan membaca isi detail kontrak untuk menghindari kerugian di masa mendatang.
  • Selanjutnya, calon penjual bisa menandatangani dan mengunggah kembali dokumen kontrak sesuai dengan instruksi yang diminta.
  • Tahapan lainnya pada cara berjualan di Lazada adalah dengan mempersiapkan produk yang akan dijual ke calon konsumen.
  • Pastikan produk dalam keadaan bagus dan berkualitas untuk dijual.
  • Sebagai informasi untuk calon pembeli ada baiknya ditambahkan foto toko di profil penjual, foto produk yang dijual. Jangan lupa tuliskan informasi mengenai produk yang dijual.
  • Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut, maka resmi menjadi penjual di Lazada. Pastikan untuk siap saat menangani para calon pembeli dan menjual produk dengan kualitas baik.
  • Ada baiknya penjual membuat iklan (Ads) pada produk yang dijual di Lazada. Bisa juga beriklan di beberapa media sosial, terutama aplikasi Facebook. Jika memiliki jumlah followers pada akun pribadi media sosial, bisa mempromosikannya dengan lebih intens loh.

BACA JUGA:

Nah, setelah mendapat materi di atas, kalian tentu sudah paham tentang cara berjualan online di berbagai marketplace dan media sosial, terutama Instagram, Facebook, Shopee dan juga Lazada. Semoga artikel ini membantu dan dapat meningkatkan omset kalian. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *