Cara Aktivasi Office 2016

Posted on

Microsoft office bisa dikatakan software sejuta umat untuk melakukan perkerjaan dibidang apapun, terutama dalam bidang perkantoran. Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara aktivasi Office 2016 di laptop ataupun komputer mereka.

Jika kalian menginstal Microsoft Office 2016 tanpa mengaktifkannya, maka produk Microsoft Office seperti Word, Excel, Powerpoint dapat dipastikan tidak dapat digunakan. Kok bisa ya?

Microsoft Office 2016 memberikan sejumlah layanan dan fitur yang sangat berguna untuk pekerjaan kalian, apabila fitur didalam Microsoft Office tidak dapat digunakan, sangat disayangkan bukan?

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini, Juang.my.id akan mebagikan beberapa tips untuk kalian bagaimana cara aktivasi Office 2016 di Windows 10, Windows 8/8.1, maupun di Windows 7.

Kenapa Microsoft Office 2016 harus di aktivasi?

Beberapa masalah yang sering muncul ketika kalian menggunakan Office 2016 yang tidak teraktivasi sangatlah beragam.

Misalnya, ketika kalian membuka dokumen yang sudah pernah kalian buat sebelumnya, kemudian kalian akan melakukan perubahan maka hasil perubahan tersebut tidak akan bisa disimpan.

Masalah lainnya adalah ketika kalian membuka produk Microsoft Office 2016, misalnya Microsoft Word, maka kalian akan selalu menjumpai jendela aktivasi yang meminta kalian memasukkan product key.

BACA JUGA: 

Hal lain yang sering mengganggu jika Office 2016 tidak di aktivasi adalah munculnya pop up Product Notice, pop up ini menginformasikan ke kalian bahwa Office yang kalian gunakan tidak teraktivasi dan perintah untuk melakukan aktivasi.

Jika kalian sudah memutuskan untuk melakukan aktivasi Office 2016 yang terinstall di laptop atau komputer kalian, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan.

Jika sudah memiliki product key original Microsoft Office 2016, kalian dapat menggunakannya dengan cara aktivasi Office 2016 dengan serial number tersebut tanpa software. Yang perlu kalian lakukan adalah memasukkan product key pada jendela aktivasi Microsoft Office 2016.

Namun, jika kalian tidak memiliki product key atau serial number Office 2016, kalian bisa menggunakan cara aktivasi Office 2016 secara permanen tanpa product key. Cara ini dapat kalian lakukan secara gratis menggunakan software Office 2016 activator.

Hasil yang diperoleh pun sama, yaitu akan bersifat permanen. Kali ini penulis akan membagikan cara aktivasi Office 2016 professional plus maupun edisi lainnya dengan menggunakan software activator secara gratis .

Cara Microsoft Office 2016

Ada 3 cara yang dapat kalian lakukan untuk aktivasi Microsoft Office 2016 secara offline dan gratis dengan hasil aktivasi yang permanen. Bagaimana ketiga cara tersebut? kalian simak dan ikuti pada penjelasan berikut :

1. Aktivasi Office 2016 dengan KMSpico

Aktivasi Office 2016 dengan KMSpico

Cara yang pertama dapat kalian lakukan adalah dengan KMSpico. KMSpico adalah tools activator yang dapat digunakan untuk mengaktivasi Office 2016. Sudah banyak tersebar di internet, untuk free download KMSpico atau mendownload KMSpico secara gratis.

Cara aktivasi Office 2016 dengan KMSpico :

  • Yang pertama yang harus kalian lakukan adalah, menyiapkan aplikasi KMSpico di laptop atau komputer kalian. Jika kalian belum mempunyai aplikasi tersebut, maka kalian perlu mendownload terlebih dahulu.
  • Sambil mendownload aplikasi KMSpico. Kalian bisa mematikan antivirus yang ada di laptop atau komputer terlebih dahulu.
  • Setelah mendownload aplikasi tersebut, kemudian ekstrak file rar KMSPico.
  • Selanjutnya buka folder hasil ekstrak KMSPico. Lalu jalankan aplikasi KMSPico.exe sebagai administrator. Caranya klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Extracting yang artinya proses aktivasi Office 2016 sedang berlangsung. Jendela tersebut akan hilang dengan sendirinya jika proses aktivasi telah selesai.
  • Jika jendela tersebut sudah hilang berarti proses aktivasi telah berhasil, dan Microsoft Office 2016 kalian siap untuk digunakan.

BACA JUGA: 

2. Aktivasi Office 2016 dengan KMS Office 2019

Aktivasi Office 2016 dengan KMS Office 2019

KMS Office 2019 adalah software gratis untuk mengaktivasi Microsoft Office, yang sering disebut juga dengan office 2013-2019 Install atau OInstall.

KMS Office 2019 adalah salah satu software yang digunakan untuk mengaktivasi Microsoft Office 2016 di laptop maupun komputer kalian. Berikut adalah cara-cara mengaktivasi Microsoft Office 2016 dengan KMS Office 2019.

  • Sebelumnya, kalian harus memiliki software KMS Office 2019 di laptop maupun komputer kalian, jika belum kalian bisa download terlebih dahulu.
  • Setelah selesai download, kemudian ekstrak KMS Office 2019 yang sudah kalian unduh. Buka folder hasil dari ekstrak tadi dan didalamnya pasti kalian akan menemukan file serta folder OInstall.exe
  • Kemudian buka hasil ekstrak, lalu jalankan sebagai administrator atau klik kanan run as administrator
  • Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, maka pada jendela KMS Office, kita akan berada pada bagian Main Window. Klik pada tab Utilities. Setelah itu pada tab Utilities ini centang pada bagian Office reactivation task.
  • Setelah itu klik Office RETAIL => VL untuk melakukan konversi Office menjadi Volume License. Tunggu hingga proses tersebut selesai yang ditandai dengan keterangan Completed.
  • Jika sudah, klik pada Activate Office untuk memulai proses aktivasi Microsoft Office 2016. Apabila muncul jendela Windows Security Alert dengan nama KMS emulator by Ratiborus. Klik Allow access.
  • Tunggu hingga proses aktivasi selesai. Jika telah selesai maka akan muncul keterangan Product activation succesful.
  • Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, berarti proses aktivasi sudah berhasil. Silahkan buka Office 2016 kalian dan tutup jendela KMS Office 2019. Microsoft Office 2016 kalian siap digunakan.

Simak Juga: 3 Cara Membuat Database dengan XAMPP, XAMPP di CMD & Microsoft Access

3. Aktivasi Office 2016 dengan KMS Auto Lite

Aktivasi Office 2016 dengan KMS Auto Lite

Cara ketiga yang dapat kalian lakukan untuk mengaktivasi Microsoft Office 2016 agar tidak terus menerus meminta product key adalah dengan KMS Auto Lite.

Cara ini secara garis besar sama dengan cara-cara sebelumnya, dan cara ketiga ini dapat kalian lakukan secara gratis dan yang paling penting adalah Microsoft Office 2016 kalian telah teraktivasi secara permanen.

Jika kalian akan mengaktivasi Microsoft Office 2016 dengan KMS Auto Lite, silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama, pastikan aplikasi KMS Auto Lite telah tersedia di laptop atau komputer kalian. Jika belum maka silahkan download KMS Auto Lite terlebih dahulu.
  • Setelah kalian selesai mendownload, silahkan ekstrak File rar KMS Auto Lite tersebut.
  • Kemudian buka folder hasil ekstrak KMS Auto Lite. Pada folder tersebut kita dapat menemukan dua aplikasi yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto.
  • Kalian tidak akan mungkin menjalan kedua aplikasinya karena pembedanya hanya di versi 32 bit atau 64 bit. Jika laptop kalian 32 bit maka pilih KMSAuto dan jika laptop kalian 64 bit.
  • Kemudian jalankan sebagai administrator (Run as administrator).
  • Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 10 dari KMS Auto Lite.
  • Jika berhasil menginstal maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar). Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 10 yang anda gunakan.
  • Jika proses aktivasi sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL

Bagaimana? Apakah Microsoft Office 2016 kalian sudah teraktivasi? Diatas adalah beberapa software yang bisa kalian gunakan untuk aktivasi Microsoft Office 2016, tanpa product key atau serial number secara gratis dan permanen.

BACA JUGA: 

Jika Microsoft Office dapat bekerja dengan baik, maka sudah tidak ada hambatan lagi untuk kita melakukan aktivitas dan menggunakannya untuk bekerja sesuai bidang masing-masing.

Semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat memperoleh manfaat dan pengetahuan tentang cara aktivasi Office 2016 secara gratis dan permanen. Karena kita tahu untuk memperoleh product key atau serial number tentu membutuhkan biaya. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *