Bawa RAM 6GB, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21T

Posted on

Juang.my.id – Ditujukan untuk pasar menengah, Vivo Y21T memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selain kelebihan, ada baiknya jika kamu juga mengetahui apa saja kekurangan dari Vivo Y21T ini.

Diboyong ke Indonesia secara diam-diam pada awal tahun 2021 yang lalu, Vivo Y21T hadir untuk melengkapi dua ponsel seri Y21 yang lebih dulu melantai di Tanah Air, yaitu Vivo Y21 dan Y21s.

Memperkenalkan Tanpa terlalu panjang, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y21T.

Kelebihan Vivo Y21T

Desain

Dari segi penampilan ponsel ini memang masih mengadopsi desain bahasa yang identik dengan para pendahulunya, khususnya jajaran Vivo Y series.

Y21T menawarkan bodi tipis dengan tepian layar yang dibuat melengkung, bingkai datar dan cangkang belakang plastik. Ukuran bodinya sendiri berdimensi 164.3 x 76.1 x 8 mm dengan berat 182 g.

Tersedia dalam balutan warna Midnight Blue dan Pearl White membuat tampang ponsel ini terlihat mewah. Jadi selain enak digenggam Vivo Y21T juga nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Kemudian pada frame sisi kanan perangkat ini terdapat sensor sidik jari yang merangkap dengan catu daya. Tak lupa, Vivo Y21T menyediakan triple slot SIM (2 slot SIM + 1 slot kartu microSD).

Dengan begitu kamu bisa memasukkan kartu microSD tanpa harus menumbalkan salah stu kartu SIM. Kerennya lagi, meski hp ini punya bodi tipis tapi perusahaan memodalinya dengan baterai 5.000 mAh.

pembicara

Kelebihan Vivo Y21T yang menarik perhatian selanjutnya ada kinerja di sektor, karena ponsel ini mengalami peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan Y21s.

Berbeda dengan Y21s yang memakai chip MediaTek Helio G80 12 nm, Y21T diotaki chipset buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 680 4G 6 nm.

Selain itu, Vivo Y21T juga membawa kapasitas RAM lebih besar yaitu 6 GB yang tentu saja lebih unggul dibanding RAM 4 GB di Y21s.

Vivo bahkan membekali ponsel ini dengan fitur penambah kapasitas RAM (extended RAM) 2 GB, jadi ketika fitur ini diaktifkan maka pengguna akan mendapatkan total RAM 8 GB. Sangat Menarick Buchan?

Bagi yang belum tau, fitur extended RAM akan memakai sebagian kapasitas memori internal untuk dijadikan sebagai RAM virtual. Tidak, kapasitas memori di dalam Vivo Y21T cukup leluasa, yaitu 128 GB dan menggunakan teknologi UFS 2.1.

kamera

Membahas hp Vivo rasanya kurang afdol jika tanpa mengupas kameranya, karena tak sedikit konsumen Indonesia yang ingin memiliki hp Vivo karena punya kualitas kamera yang luar biasa.

Set kamera di Vivo Y21T sebenarnya identik dengan Y21s, dimana kamera belakanya ada tiga dan kamera tunggal.

Kamera ketiga belakang Vivo Y21T terdiri dari kamera utama 50 MP f/1.8 (wide, PDAF), makro 2 MP f/2.4 dan depth sensor 2 MP f/2.4. manpu kamera ini digunakan untuk merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Sementara untuk kamera depan, perusahaan menanamkan sensor 8 MP dengan bukaan lensa f/1.8 dan juga mendukung merekam video 1080p pada 30 fps.

Night Mode, Portrait, Photo, Video, Panorama, Live Photo, Slow Motion, Time Lapse, Pro, File dan 50MP.

Punya Dukungan Sensor Komplit

Vivo Y21T bisa dibilang sebagai hp mid-range rasa flagship karena memiliki dukungan sensor paket komplit, mulai dari Akselerometer, Sensor Cahaya Sekitar, Kompas Elektronik
Sensor Sidik Jari, Sensor Giroskopingga Jarak.

Berkat dukungan sensor cahaya sekitar, Vivo Y21T dapat secara otomatis mengatur kecerahan layar dan sensor kompas membuat hp ini dapat digunakan untuk menentukan arah mata angin hingga mencari arah kiblat.

Dan yang paling penting adalah Giroskop, ini merupakan sensor penting yang harus ada pada smartphone android masa kini, meski masih virtual tapi untuk digunakan game utama masih tetap oke.

Kekulang Vivo Y21T

Belum mendukung 5G

HP harga Rp 3 jutaan belum mendukung 5G memang salah, tapi mengingat saat ini banyak bermunculan HP 5G harga 3 jutaan, hal tersebut Pasti akan membuat sedikit kebingungan.

Namun kembali lagi ke konsumen, jika di daerah tempat tinggalnya masih belum tersedia layanan 5G, maka Vivo Y21T sah-sah saja untuk dimiliki.

Apa lagi jaringan 5G untuk saat ini baru tersedia di beberapa kota-kota besar. Jadi, hp seperti Vivo Y21T masih layak untuk beberapa tahun kedepan.

Tidak Ada NFC

NFC mungkin bisa dibilang sebagai fitur yang tidak penting-penting amat, karena tak semua masyarakat Indonesia paham betul kegunaan dari fitur tersebut.

Absennya fitur NFC baru akan merasakan kerugiannya oleh mereka yang sudah terbiasa melakukan pembayaran transaksi non tunai lewat e-money.

pengisian cepat

Baterai berkapasitas 5.000 mAh milik Vivo Y21T hanya didukung fast charge 18W, jadi akan terasa cukup daya di ponsel ini dapat terisi penuh 100% dalam waktu satu jam.

Salah seorang gadget YouTube dengan nama saluran Ramesh Bakotra telah melakukan pengujian kecepatan pengisian daya di Vivo Y21T.

pengisian selama 6 menit dapat menghasilkan daya sebesar 7% dan pengisian hanya 30 menit mentok di 35%. Dapat Kunci untuk mengisi daya dari kondisi 0-100% butuh waktu sekitar 1,5 jam lebih.

laial

Kekurangan Vivo Y21T yang paling terasa ada pada sisi layar, padahal hp ini sudah menggunakan panel IPS LCD dan ukurannya cukup lega, yaitu 6,51 inci.

Rantas di Manacuronia? Perlu diketahui bahwa layar resolusi Vivo Y21T mentok di 1600 x 720 piksel alias masih HD+ serta hanya memiliki dukungan refresh rate standar yang berada di angka 60 Hz.

Di kelas harganya padahal sudah banyak yang menawarkan resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz atau bahkan lebih tinggi.

Baca Juga: HP 3 Jutaan Terbaik dengan Spesifikasi dan Kamera Mumpuni

Cukup sekian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y21T ini, semoga bermanfaat.