Apple iPhone SE (2022) Dipasok Chip A15 Bionic, Harganya?

Posted on

Juang.my.id – iPhone SE (2022) alias iPhone SE 3 secara resmi telah dirilis oleh Apple melalui acara Apple Event bersamaan dengan iPad Air (2022).

Ternyata bocoran spesifikasi iPhone SE (2022) yang banyak beredar sebelum acara peresmiannya, tidak semuanya akurat. Ponsel ini, hadir dengan desain yang tidak berubah dari pendahulunya, iPhone SE Generasi kedua.

Padahal ada sejumlah bocoran yang mengungkap bahwa iPhone SE Generasi ketiga ini bakal mengemas desain mirip iPhone XR.

Meski begitu, iPhone SE (2022) sudah dilengkapi beberapa fitur terbaru yang tidak bisa diakses di iPhone SE (2020), yaitu sudah mendukung jaringan generasi kelima (5G) dan diotaki chip terbaru, A15 Bionic.

iPhone SE (2022)

Dari segi penampilan, ponsel ini memamerkan Retina IPS LCD diagonal 4.7 inci dengan resolusi 750 x 1.334 piksel yang memiliki bezel tebal di bagian atas dan bawahnya.

Tidak, di bagian bezel bawahnya dipasang tombol Home yang terintegrasi dengan sistem keamanan biometrik (Touch ID). Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan lain berupa ID wajah.

Sedangkan di bezel atasnya dipasang speaker dan kamera 7 MP f/2.2 yang siap digunakan untuk mengambil foto selfie, melakukan panggilan video atau rapat online.

Cangkang belakang ponsel hadiah dengan stu buah camera beresolusi 12 MP f/1.8 yang ditemani stu buah LED flash serta terdapat pula logo ikonik Apple.

Suksesor dari iPhone SE (2020) ini dipersenjatai chipset Apple A15 Bionic yang sebelumnya digunakan pada jajaran iPhone 13 series.

Dirangkum dari GSM Arena, ponsel ini dibekali RAM 3 GB yang dipasangkan dengan tiga varian memori penyimpanan, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Untuk perangkat lunak, iPhone SE Generasi ketiga ini menjalankan sistem operasi iOS 15.3. Ponsel ini mengemas baterai Li-Ion yang tidak bisa dibongkar pasang alias tidak bisa dilepas. Namun sayang, kapasitas baterainya masih dirahasiakan oleh pihak perusahaan.

harga

Berdasarkan penelusuran Juang dari situs resmi Jaringan AppleiPhone SE (2022) dipasangi label harga 429 USD (sekitar Rp 6,2 jutaan) untuk penyimpanan 64 GB dan 479 USD (sekitar Rp 6,9 jutaan) untuk varian penyimpanan 128 GB.

Baca Juga: Gadis Tawon Samsung! Apple Sedang Kembangkan iPhone Layar Lipat

Sedangkan varian penyimpanan 256 GB dilepas dengan banderol $579 (sekitar Rp 8.4 jutaan). Ada tiga pilihan warna yang disediakan, yaitu Midnight, Starlight dan (PRODUCT)RED.