Aplikasi Perpustakaan

Aplikasi Perpustakaan

Posted on

Jika dahulu orang harus bersusah payah mendatangi perpustakaan untuk mencari sumber referensi atau sekadar membaca buku favorit saja namun kini semua sudah berubah. Kalian cukup memakai aplikasi perpustakaan sebagai pengganti aktivitas tersebut.

Kalau kalian hobi baca maka sudah pasti terbantu berkat kemudahan aplikasi yang ada di android atau laptop yang seolah-olah menjadi perpustakaan digital. Pilihan aplikasinya juga banyak dan bervariasi, mulai dari yang online hingga offline juga tersedia.

Selain memenuhi kebutuhan baca atau referensi, aplikasi ini juga membantu kalian dalam mengelola perpustakaan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan demikian maka bisa meminimalisir kesalahan pencatatan untuk peminjaman ataupun pengembalian buku.

Sesuai yang disinggung di atas mengenai kemudahan dan fungsi dari aplikasi pengelola perpustakaan, maka pada kesempatan kali ini akan sedikit mengulas mengenai daftar aplikasi perpustakaan terbaik.

Beberapa aplikasi rekomendasi dari Juang.my.id akan dapat membantu kalian mengelola perpustakaan mulai dari inventaris buku, informasi rinci buku terbaru, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara mudah dan gratis tentunya.

Aplikasi Perpustakaan

Setidaknya ada 12 aplikasi yang bisa kalian pergunakan sebagai pengelola perpustakaan baik yang berbasis android maupun untuk laptop atau PC. Langsung saja berikut aplikasi perpustakaan terbaik untuk kalian.

1. ePerpus

ePerpus

Rekomendasi yang pertama adalah ePerpus, sebuah aplikasi pengelola perpustakaan yang merupakan produk dari bisnis retail perbukuan terbesar di Indonesia yakni Gramedia Digital Nusantara.

Dengan aplikasi yang satu ini maka seluruh anggota perpustakaan bisa dengan mudah membaca dan meminjam buku, koran, atau majalah dalam bentuk file digital. Jika kalian memakai ePerpus maka ada banyak hal terkait perpustakaan hanya memakai satu aplikasi saja.

Di samping itu dari sudut penerbit buku, aplikasi ini memiliki banyak penerbit maupun penulis papan atas Indonesia semacam Mizan, Elex Media Komputindo, John C. Maxwell dan lain sebagainya.

2. Biblio

Pilihan selanjutnya adalah Biblio, sebuah aplikasi yang menawarkan tampilan desain yang sederhana dan memiliki fitur lengkap, sederhana, dan sudah pasti gratis. Berbagai fitur yang ada di Biblio seperti Judul buku, ISBN, Penulis, Penerbit, nomor indeks, koleksi, dan lain sebagainya.

Apabila ada salah satu anggota uang mau meminjam buku, maka kalian dapat menandainya menggunakan label sedang pinjam hanya dengan memakai nomor buku atau data pendukung lainnya. Status dari pinjaman tersebut juga dapat dipantai dari aplikasi yang satu ini.

Sehingga dengan memakai Biblio ini maka kalian akan mudah mengetahui stok buku yang masih ada dan yang sedang dipinjamkan. Sedangkan untuk masalah pelaporan setiap bulan, maka kalian cukup melakukan export data supaya mengetahui seluruh peminjaman serta riwayatnya.

BACA JUGA: Aplikasi Membuat Poster

3. BiblioteQ

BiblioteQ

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, BiblioteQ juga bisa digunakan untuk mengelola perpustakaan seperti perpustakaan sekolah sederhana. Selain itu aplikasi ini juga dapat dioptimalkan untuk kegiatan lain.

Kegiatan tersebut seperti mengelola majalah, buku, jurnal, DVD, CD, hingga game juga bisa kalian lakukan. Sehingga bisa dibilang jika BiblioteQ ini adalah aplikasi serba guna. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis langsung di https://biblioteq.sourceforge.io/

4. iSantri

Sesuai dengan namanya, iSantri nampaknya ditujukan untuk para santri di Indonesia agar bisa membaca buku secara mudah lewat aplikasi perpustakaan digital. Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Kemenag Republik Indonesia untuk memudahkan para santri membaca dan meminjam buku.

iSantri juga memiliki beragam fitur yang menarik seperti koleksi buku yang banyak dan semua bisa dibaca ataupun dipinjam, feed, rak buku, ePustaka, dan eReader. Kalian bisa langsung mengunduhnya secara gratis di website Kemenag Republik Indonesia.

5. iPusnas

iPusnas

iPusnas adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini merupakan produk kerja sama antara Perpusnas dengan pengembang Aksamaya.

Tidak hanya untuk masalah peminjaman buku, aplikasi yang satu ini juga mempunyai fitur sosial media, maka kalian bisa berinteraksi dengan para pengguna atau anggota perpustakaan yang lain.

Ada sebuah fitur menarik yang ada di iPusnas ini yaitu ePustaka, sehingga kalian dapat menjadi anggota pada beberapa perpustakaan yang berbeda sekaligus. Ada juga fitur feed yang dipakai melihat aktivitas dari pengguna lainnya, sehingga mirip dengan sosial media.

6. iJakarta

Jika sebelumnya ada iPusnas yang merupakan produk dari Perpustakaan Nasional, maka sekarang ada iJakarta yang merupakan produk dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov DKI Jakarta.

Sama dengan iPusnas, aplikasi ini juga mempunyai sosial media sehingga kalian dapat mengajak diskusi terkait buku bersama anggota-anggota lainnya. iJakarta juga memiliki fitur ePustaka. Kalia juga dapat menyimpan buku elektronik di dalam aplikasi ini.

Sehingga ketika kalian mau membaca buku elektronik tersebut tinggal membuka iJakarta saja. Cukup mudah dan efektif bukan?

7. AnyBooks

AnyBooks

Buat kalian yang pengen mendapatkan berbagai buku digital atau ebook, maka kalian bisa mencobanya dengan AnyBooks lewat perangkat android. Ada banyak buku dengan beraneka genre yang bisa kalian dapatkan.

Ada buku fantasi, horor, romance, sejarah, biografi, dan kain sebagainya. Selain itu aplikasi AnyBooks ini juga dibekali dengan kamus yang siap membantu kalian dalam menambah kosakata atau perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

Aplikasi android ini juga membuka kesempatan untuk membaca satu buah buku yang sama setiap saat dan di mana saja lantaran ada fitur sinkronisasi di dalamnya. Kalian juga dapat memberikan ulasan terhadap buku yang sudah selesai dibaca.

8. bookTome

Rekomendasi selanjutnya ada bookTome, sebuah aplikasi perpustakaan sederhana yang sering menjadi pilihan untuk pengelolaan perpustakaan yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur terbaik.

Salah satu fitur yang jadi andalan adalah bisa menambahkan berbagai buku di perpustakaan beserta detail lengkap buku tersebut bisa didownload dari Amazon. Sehingga kalian bisa mencari buku lewat ISBN, Penulis, judul, atau memakai kata kunci.

BACA JUGA: Aplikasi PDF

9. Calibre eBook Management

Calibre eBook Management

Aplikasi gratis untuk pengelola perpustakaan selanjutnya adalah calibre eBook Management. Dengan aplikasi ini kalian bisa membangun sebuah perpustakaan eBook secara gratis. Kalian bebas memilih buku-buku yang mau ditambahkan di file arsip.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung untuk berbagai format ebook, mulai dari PDF, EPUB, TEXT, SNB, MOBI. TOPAZ, comics, serta word processor. Metadata aplikasi ini bisa diubah secara individual maupun sekaligus, serta catatan buku bisa digabung jadi satu.

Aplikasi ini juga mendukung untuk pencarian buku berdasarkan judul, ISBN, penulis, dan kata kunci dari bermacam-macam toko online dan bisa didownload langsung dari berbagai situs penyedia file ebook.

10. My Ebook Library

Aplikasi sederhana yang bernama My EBook Library ini cocok untuk mengelola perpustakaan ebooks yang ada di sistem komputer kalian. Langkah pertamanya kalian menspesifikasikan letak atau posisi perpustakaan di tab preferences.

Kemudian kalian bisa memindai sistem untuk menemukan buku-buku. Aplikasi yang satu ini juga mendukung banyak format file ebook mulai dari PDF, DOC, CHM, HTM, LIT, HTML, DJVU, RTF, DJV, PRC, dan PDB.

Lalu kalian juga dapat mengubah informasi buku, membuka buku, menambah koleksi buku, menghapus buku lain dari koleksi perpustakaan. Jika ingin mencari buku memakai aplikasi ini maka kalian bisa mencarinya lewat ISBN yang terdapat di Amazon.

11. Book Tracker Collector’s edition

Book Tracker Collector’s edition

Pilihan selanjutnya adalah Book Tracker Collector’s Edition, sebuah aplikasi gratis dengan tampilan sederhana dan mudah dipakai untuk mengelola atau manajemen perpustakaan pribadi kalian.

Di sini kalian bisa menambah buku secara bebas lengkap dengan detail buku seperti judul, penulis, kategori, ISBN, penerbit, tanggal terbit dan lain sebagainya. Tidak hanya itu kalian juga bisa mengubah hingga menghapus informasi tentang buku tersebut.

Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur pelaporan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan berbagai parameter mulai dari judul, ISBN, penulis, kategori, tanggal cetak, edisi, lokasi, peminjaman, pengembalian, dan lain sebagainya.

12. LMS (Learning Management System)

Aplikasi perpustakaan terbaik yang terakhir direkomendasikan pada kesempatan kali ini adalah LMS atau Learning Management System. Aplikasi ini mempunyai desain aplikasi paling menarik jika dibandingkan dengan berbagai aplikasi yang dibahasa sebelumnya.

Hal ini lantaran aplikasi ini adalah aplikasi modern berbeda dengan aplikasi perpustakaan klasik yang lebih mengedepankan sisi fungsi dan fitur serta kurang memperhatikan persoalan desain aplikasi.

Aplikasi LMS dapat membantu kalian untuk mengelola perpustakaan agar menjadi lebih nyaman. Aplikasi keren ini pas buat perpustakaan pribadi, perpustakaan desa, sekolah hingga perpustakaan kota sekalipun. Untuk fitur pelaporan sudah pasti lengkap dan detail.

Selesai sudah seluruh ulasan aplikasi perpustakaan terbaik yang bisa kalian gunakan untuk mengelola perpustakaan. Setidaknya ada 12 aplikasi yang bisa kalian pilih agar tugas mengelola perpustakaan menjadi rapi, mudah, terstruktur, dan sudah pasti terperinci secara lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *